Jurnal #OASEEKSPLORASI2017 #4

Hari Kamis (1/11)

Ah hari terakhir OASE Eksplorasi, barang-barang aku, Ceca, dan Zaky sudah siap, kami sudah mandi semua dan kami tinggal foto dengan keluarga inang kami. Jadi Ceca setting dulu dengan kameranya, dan aku dan Zaky mengumpulkan keluarganya dan bawa barang kami keluar. Kami ambil gambarnya, setelah itu kami menunggu kak Opal untuk menjemput kami.
Sumber Gambar: Ceca

Kak Opal datang, dan kami ke tempat nunggu kami, di dalam perjalanan kami melewati rumah kelompok Dhifie, tetapi di sana juga ada kelompok Kaysan, yang sedang bersama Vyel, dan Alevko. Dan mereka ke sana itu karena mereka sedang mencari Naufal yang tidak bilang kepada mereka, dia ke mana. Ya sudah, kami ke tempat pertemuan kita semua.

Sampai sana hampir semua kelompok sudah ada, aku dan Vyel mencari Naufal, jadi paling gampang kami ke dermaga pulau Kelapa karena mungkin dia kira kami akan ngumpul di situ karena kebetulan kapal kami di situ. Jadi kami ke sana, dan di dalam perjalanan, ternyata ia juga jalan kembali. Naufal bertannya kepada aku dan Vyel, “Mau ke mana?”, aku dan Vyel menjawab, “Cari lu!”. Jadi kembali lagi ke tempat ketemuan kita dengan Naufal.

Setelah kami foto-foto kami ke dermaga pulau Kelapa. Menuju ke sana aku sedang menikmati matahari pagi di pulau Harapan dan udara yang masih dingin. Sampai sana yang di depan  menunggu yang lain karena setelah ini kami akan foto dengan kapalnya. Kami di foto oleh 7 mentor kami, dan setelah itu kami masuk ke kapal dan kami semua pada ke bawah karena di bawah tempat tidur jadi ya semuanya ke situ karena enak.

Di dalam perjalanan kami main kartu, main werewolf, dan cari foto aib :v. rutenya sama dengan yang berangkat cuma terbalik saja. Di dalam perjalanan ya Agla, Alevko, Aza, dan Husayn, bertemu dengan kakak, terus aku ke sana untuk kenalan, dan ingin tahu mereka sedang ngebahas apa, dan mereka mengajak kami main ludo yang seharusnya tidak gadget kita.

Sudah selesai itu, kita semua nonton Indonesia vs Timor Leste bola karena kebetulan, ada TV di bawah. Indonesia menang 5 – 0, dan setelah itu kami tidak melakukan kegiatan lagi.

Kapal sebentar lagi akan sampai di tujuan akhir, pelabuhan Sunda Kelapa. Kita semua pada keluar dengan ransel kita. Di luar, airnya kotor, tidak seperti di pulau Harapan yang cukup lebih bersih, dan di luar aku sudah melihat orang tuaku, dan mobil keluargaku. Kapalnya berhenti cukup lama, tetapi aku sudah menyentuh di pelabuhan Sunda Kelapa.

Yang lain pada pakai bis TransJakarta, sedangkan aku naik mobil pribadi, dan langsung pulang ke Cilegon.

Yup Jurnal #OASEEKSPLORASI2017 sudah selesai. Tetapi lihat saja tahun depan, apakah anak-anak OASE Eksplorasi akan bereksplorasi lagi? Kita lihat saja di tahun 2018.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi